Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat

Memiliki seekor  kucing yang pandai memijat sudah pasti membuat kita bahagia. Saat sedang duduk santai atau sambil berbaring kucing kesayangan seringkali datang dan mulai memijat badan kita dengan dua paw imutnya. Gerakan tangan mereka konstan dan mantap, badan kita yang lelah pun perlahan menjadi rileks. Nampaknya mereka juga menikmati profesi sebagai tukang pijat dengan bayaran tuna atau ayam itu. Mengapa kucing suka memijat pemiliknya atau kucing lain?
Para ahli mengatakan gerakan memijat bagi kucing merupakan insting alami yang dia bawa sejak masih menyusu pada induknya. Jika diperhatikan gerakan memijat itu sama dengan gerakan saat mereka melakukan pijatan rangsangan untuk melancarkan aliran susu induk. Kucing yang dipisahkan dari induknya sejak masih tahap belum disapih akan lebih sering melakukan pijatan daripada kucing yang disapih saat sudah besar. Mereka melakukan hal itu karena belum puas menyusu induknya, jadi  perilaku itu terus dibawa sampai mereka dewasa, terkadang ditambah dengan acara ‘ngempeng’ di baju atau bantal.
Pada kucing dewasa lain, memijat dilakukan karena insting mereka untuk membuat tempat tidur yang nyaman. Sama seperti saat nenek moyang kucing menata rerumputan atau daun-daun kering untuk tidur di alam liar. Kucing yang sedang hamil dan hendak melahirkan juga akan melakukan ritual pijatan pada kain atau bantal yang jadi alas tidurnya supaya lebih nyaman dipakai.
Bagi kucing manfaat lain dari perilaku memijat ini adalah ‘memberikan tanda’ pada apa yang dia sebut sebagai propertinya. Pada bagian telapak tangan kucing terdapat kelenjar bau, saat memijat aroma tersebut keluar dan menempel pada permukaan yang dipijat. Jadi, ketika kucing memijat kita itu artinya dia sedang menandai badan kita sebagai ‘miliknya’. Pijatan ini fungsinya sama seperti saat kucing sedang  melakukan ‘scratching’ atau cakaran pada barang-barang atau area tertentu. Dia memberi tanda bahwa dialah penguasanya,  dan kucing lain pun akan mengenalinya.
Bagaimana jika pijatan kucing terasa menyakitkan atau bahkan melukai karena cakarnya keluar? Pakailah baju yang tebal atau tambahkan kain sebagai alas pijatannya. Kucing memijat tidak akan sampai berjam-jam, jika sudah lelas dan puas dia akan berhenti sendiri dan biasanya langsung tertidur dengan pulas. Apakah Anda termasuk yang sering dipijat oleh kucing kesayangan di rumah?

Share on Google Plus

About Indonesian USER

Rizal Oky's blog adalah blog yang bertujuan untuk berbagi informasi tentang bagaimana cara perawatan kucing yang baik dan benar
Nama : Rizal Oky Bimanyu
NIM : G.231.14.0130
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar